Sumur Gas Lift Berdasarkan Instalasinya

Berdasarkan instalasinya maka sumur gas lift dibedakan menjadi tiga yaitu :

a) Open Installation.

b) Semi closed Installation.

c) Closed Instalation.


Open Instalation

Adalah instalasi sumur gas lift dimana instalasi tersebut tidak dilengkapi dengan packer dan standing valve, sehingga tekanan injeksi akan berpengaruh langsung terhadap formasi. Instalasi jenis ini umumnya digunakan pada sumur gas lift dengan system injeksi yang continuous flow.

Semi closed Instalation

Adalah instalasi sumur gas lift yang instalasinya telah dilengkapi dengan packer, tetapi tanpa standing valve, instalasi ini umumnya digunakan untuk sumur gas lift dengan system gas injeksi yang continuous maupun yang intermittent flow.

Adapun fungsi packer pada instalasi ini adalah :

a. Menghilangkan pengaruh tekanan langsung dari gas injeksi terhadap formasi

b. Pada saat gas injeksi ditutup karena alas an tertentu cairan dari formasi tidak mengisi kolom cairan.


Closed Instalation

Adalah instalasi sumur gas lift yang telah dilengkapi packer dan standing valve pada rangkaian tubing di bawah operating gas lift valve. Instalasi ini akan efektif bila digunakan untuk sumur gas lift dengan system injeksi yang intermittent flow. Adapun fungsi standing valve adalah untuk menahan tekanan balik dari kolom fluida apabila tekanan tersebut lebih besar dari tekanan dasar sumur. Sumur gas lift menurut instalasinya dapat dilihat pada.

1 Response to "Sumur Gas Lift Berdasarkan Instalasinya"

  1. Saya sedang mencari cari referensi dan belajar seputar sumur dan jenis air untuk usaha Jasa Cuci Tandon Air Terdekat di Solo. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali tulisannya.

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme